TPS atau Throrle Position Sensor Adalah sensor elektronik pada motor injeksi
yang berfung si menginformasikan bukaan sudut throtle kepada ECU. setiap terjadi perubahan sudut
akan dikonversi oleh ecu untuk memerintahkan buka tutup injector.sensor ini tidak bekerja sendiri melainkan
berkolaborasi dengan IAPS dengan sistem kerja yang berbanding lurus untuk mendapatkan hasil kerja yang optimal.
analisanya seperti ini: Jika bukaan sudut throtle besar otomatis tekanan angin yang dihisap oleh mesin akan semakin
besar(akan terbaca oleh IAPS) tentunya memerlukan semprotan injector yang lebih lama untuk mendapatkan perbandingan yang homogen
antara bensin dan udara, kedua sensor inilah yang berperan penting memberikan inputan kepada ECU untuk mengatur durasi bukaanya.
Berdasarkan sistem kerja diatas maka dapat disimpulkan sudut throtle terkecil(tertutup penuh) akan berefek pada start awal motor
Sudut throtle tertutup penuh memiliki nilai antara 0-20 dan sudut throtle terbuka penuh antara 97-107
berdasarkan pengalaman sudut throtle yang enak untuk start vixion adalah 18 mungkin setiap orang berpendapat lain untuk ini
Cara pengaturanya adalah
Pergunakan FIDT mode Diag dan pilih Throle sensor
Lihat sudut
Atur ulang sudut dari setelan baut dibawah
kencangkan baut
OFF kontak dan on kembali
Gunakan FIDT menu pengaturan CO
seting co
jika rpm terlalu tinggi atur ulang sensor FID dari setelan baut minus
selesai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar Anda sangat berguna buat kami.