Kode 46 muncul karena Tegangan pada sistem injeksi kurang, banyak hal sebagai penyebanya diataranya:
adanya contak yang kurang baik pada socket2 pengisian tegangan mulai dari Soket tegangan AC 3pasa, Dioda kiprok,sekring,konektor accu atau mungkin accu sudah rusak.
Langkah Pengetesan:
A. Pengetesan Tegangan Out Dioda Kiprok dan Sistem AC
lakukan pengukuran tegangan pada out DC pada dioda apakah 14,1 – 14,3 V pada 1500 rpmjika tegangan kurang berarti kerusakan pada Dioda atau mungkin pada sistem AC mulai dari statorCoba lepaskan soket 3pasa dan ukur tahananya 0.448-0.672 Ω pada kondisi medin dingin 20◦C lakukan pembersihan soket AC 3 pase dan socket dioda dengan kontak cleanersambung kembali semua socket yang dilepashidupkan motor dan ukur ulang tegangan pada soket DC out dioda apakah sudah 14.1 -14.3 pada 1500rpm jika tidak sesuai lakukan penggantian Stator Assyjika sudah lanjut ke langkah berikutnya.
B. Pengetesan Tegangan pada Accu
Ukur tegangan Accu minimal 13.5-14.3V pada 1500rpm GOODjika kurang lakukan pembersihan sekring ataupenggantian sekring dan contak accu, semprot pakai contac cleanerukur kembali tegangan Accu 13.5-14.3V pada 1500rpm GOODjika Teganga di out dioda 14.1-14.3V tapi di accu masih kurang dari 13.5 pada 1500rpm ada kemungkinan accu yang rusakcoba lakukan penyetruman Accucek tegangan setelah penyetruman jika kurang dari 12volt segera lakukan penggantian accu
Catatan:
jika teganagan diatas sudah terpenuhi yaitu tegangan pengisian pada kutub + dan – adalah 14.1-14.3V dan masih terjadi drop tegangan coba Ganti lampu Rem belakang Kemungkinan karena pemakaian yang lama Tahanan dalam lampu menjadi lebih kecil sehingga arus yang mengalir lebih besar ( lampu tidak lagi senilai dengan 21 watt atau 1.8 A)yang dapat membuat aki cepat habis terutama saat rpm rendah dan sering melakukan pengereman.
selamat mencoba,…..
motor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar Anda sangat berguna buat kami.